Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik!

Bahwasanya untuk selama-lamanya 

kasih setia-Nya

Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya. (Yohanes 10:11)

GEREJA MASEHI INTERNASIONAL MINAHASA

8316 Sierra Ave., Fontana, CA 92335

PENGURUS DAN TATA GEREJA

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur pada Tuhan dan Allah yang menyatakan diri-Nya sebagai Bapa, Anak, dan Roh Kudus yang sudah memberikan kasih karunia untuk keselamatan manusia yang percaya kepada-Nya (Efesus 1:3-14), bahkan karena kasih karunia-Nya itu maka terhimpunlah orang-orang Kristen yang kemudian menjadi persekutuan jemaat yang mandiri dengan nama Gereja Masehi Internasional Minahasa (GMIM-USA) dan berdiri sejak tanggal 17 September 2006.

Gereja Masehi Internasional Minahasa (GMIM-USA) dibentuk dengan Misi: Bersama-sama dengan gereja yang ada, GMIM-USA menjadi wadah murid Kristus dan menjadikan orang-orang seperti teladan Kristus serta menjadikan gereja ini milik Kristus. Dan dengan Visi: Menjadi gereja yang esa, mampu melebur menjadi garam dan terang, keesaan dalam kemuliaan-Nya dan dalam kesempurnaan suatu kesaksian yang bermula dari suku Minahasa, suku Toraja, suku Jawa dan sekitarnya menuju multi cultural.

Gereja Masehi Internasional Minahasa (GMIM-USA) terpanggil untuk bersekutu, bersaksi dan melayani di Amerika bahkan juga keseluruh dunia sesuai dengan amanat Tuhan Yesus Kristus di dalam Matius 28:16-20.


BADAN PENGURUS

...........................................................

Pendeta Jemaat

Penatua Johanis Joudy Wowor

Ketua Jemaat

Penatua Fredie Maramis

Sekertaris Jemaat

Penatua Frederick Manoppo

Ketua Komisi Ibadah & Persekutuan Doa

...........................................................................................

Ketua Komisi Pendidikan Kristen & Wakil Sekertaris

Penatua Sylvia Rondonuwu-Lengkong

Ketua Komisi Penginjilan

Penatua Hendrie Boy Tatilu

Ketua Komisi Oikumene & BPPJ

Penatua Samuel Giorgio Sumampouw

Ketua Komisi Pemuda

.......................................................

Ketua Komisi Penatalayanan & Wakil Bendahara

Diaken Itje Barber-Malonda

Ketua Komisi Pelayanan Meja & Diakonia

Diaken Honie Mogi-Morasa

Bendahara

NB: Pengurus yang ada bekerja untuk tahun pelayanan Nov 2019 – Nov 2021.


TATA GEREJA GMIM-USA

Gereja Masehi Internasional Minahasa (GMIM-USA) dalam menjalankan tugas dan tanggung-jawab pelayanannya guna mencapai Visi dan Misi, menggunakan Tata Gereja yang diatur dalam Buku I Tata Dasar dan Tata Laksana sesuai hasil persidangan Majelis II GMIM-USA 2012 (Berita Acara: Nomor: 02 / BA / PMJ II / 2012.

Tata Dasar Gereja berisi hal-hal tentang Nama Gereja, Dasar dan Azas kepercayaan Gereja, Gereja dan Panggilannya, Pengakuan Gereja, Tujuan Gereja, Tugas dan Panggilan Gereja, Denominasi Gereja, Disiplin Gereja, Status Hukum, Kekayaan Gereja, Jabatan Gerejawi, Tata Laksana dan Perubahan-perubahan.

Tata Laksana Gereja mengatur tentang Keanggotaan, Bentuk Kepemerintahan Gereja, Tugas dan Syarat Pejabat Gerejawi, Syarat-syarat Penitia Pencalonan Majelis Jemaat, Cara Pemilihan Pejabat Gerejawi, Pakaian Pejabat Gerejawi, Tugas dan Wewenang serta Tanggung-jawab, Perjamuan Kudus, Bentuk Liturgi, Pengajaran dan Katekisasi, Penggembalaan dan Penilikan, Rapat-rapat.


Beberapa pasal pokok Tata Gereja GMIM-USA:

Pasal 1 – Nama Gereja

Nama gereja ini adalah Gereja Masehi Internasional Minahasa yand didirikan pada tanggal 17 September 2006 dan terdaftar di Sekertaris Negara Bagian California (Secretary of State of the State of California) pada tanggal 16 Oktober 2010 dengan nomor 3323675.

Pasal 2 – Dasar dan Azas Kepercayaan Gereja.

Dasar gereja adalah Yesus Kristus yang juga adalah Kepala Gereja. Jemaat adalah anggota tubuh-Nya (1 Korintus 3:11, Efesus 1:22 dan 23, 1 Korintus 12:27 dan Kolose 1:18).

Azas kepercayaan Gereja Masehi Internasional Minahasa didasarkan pada Pengakuan Gereja sepanjang Abad yang berintikan Pengakuan Iman Rasuli dan Pengakuan Iman Nicea Konstantinopel.

Pasal 3 – Gereja dan Panggilannya

1. Alkitab menyatakan bahwa gereja adalah persekutuan dan kesatuan orang-orang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus.

2. Gereja adalah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah.

3. Panggilan Gereja Masehi Internasional Minahasa adalah untuk memberitakan perbuatan-perbuatan Allah yang besar, yang telah memanggil orang-orang percaya keluar dari kegelapan ke terang-Nya yang ajaib (1 Petrus 2:9).

Pasal 4 – Pengakuan Gereja

1. Gereja masehi Internasional Minahasa menempatkan Kristus sebagai Kepala Gereja, yang mengatur segala hal di dalam rencana-Nya dan Ia adalah pusat keberadaan dan kehidupan bergereja dan bermasyarakat.

2. Gereja Masehi Internasional Minahasa adalah milik Kristus, terikat kepada pelayanan kasih dan penyelamatan-Nya.

3. Gereja Masehi Internasional Minahasa mengaku 2 (dua) pengakuan Gereja: Iman Rasuli, Iman Nicea Konstantinopel.

4. Gereja Masehi Internasional Minahasa tidak mengakui dan menyetujui perkawinan sesama jenis, dengan dasar Alkitab dalam Kejadian 1:27-28.

Pasal 5 – Tujuan Gereja

Gereja Masehi Internasional Minahasa bertujuan untuk:

1. Beribadah memuliakan Tuhan Yesus dalam setiap aspek kehidupan sebagai umat tebusan-Nya.

2. Menggalang kesatuan kasih, kebersamaan dan saling membantu satu dengan yang lain, sebagai bagian dari tubuh Kristus.

3. Membagi kebahagiaan dan berbuat kebajikan di dalam Kristus dengan siapa saja, karena Tuhan Yesus mengasihi semua orang.

Pasal 6 – Tugas Gereja dan Panggilan Gereja.

Tugas Gereja:

1. Ibadah, menyelenggarakan ibadah bagi jemaat untuk menyembah Allah Bapa, Allah Putra dan Allah Roh Kudus, pada kebaktian hari minggu dan kebaktian-kebaktian lainnya.

2. Pelayanan, menyelenggarakan pelayanan kepada jemaat dan mereka yang membutuhkan.

3. Pendidikan Kristen, membina jemaat dan menyelenggarakan pendidikan kekeristenan dalam jemaat.

4. Penginjilan, menyampaikan berita keselamatan di dalam Yesus Kristus kepada setiap orang dan menjadikan mereka pengikut Kristus.

5. Persekutuan, menjaga keakraban berjemaat dan membina persekutuan antar umat.

Pasal 7 – Denominasi Gereja

Denominasi Gereja Masehi Internasional Minahasa adalah Protestant Reformed. Pelaksanaan kegerejaan dilakukan oleh pimpinan gereja yang dipilih oleh anggota jemaat.

Pasal 8 – Disiplin Gereja

Lihat teks asli buku Tata Gereja

Pasal 9 - Status Hukum

Gereja masehi Internasional Minahasa, sebagai badan Hukum tunduk pada Undang-undang Negara Bagian California, Amerika Serikat.

Pasal 10 – Kekayaan Gereja

Lihat teks asli buku Tata Gereja

Pasal 11 – Jabatan Gerejawi

Lihat teks asli buku Tata Gereja

Pasal 12 – Tata Laksana

Lihat teks asli buku Tata Gereja


PROGRAM & KEGIATAN GEREJA

1. Rapat Jemaat diadakan 2 kali dalam 1 tahun; Rapat I diadakan bulan November guna menentukan Program & Anggaran tahun berikutnya, dan rapat II diadakan bulan Maret sebagai pertanggung-jawaban Majelis/Pengurus tentang pelayanan tahun sebelumnya.

2. Majelis/Pengurus mengadakan Rapat Rutin pada Minggu pertama setiap bulan guna membahas program yang sudah terlaksana bulan sebelumnya dan program yang akan datang.

3. Ibadah Minggu dimulai pukul 1:00 siang. Minggu pertama dilaksanakan dengan berbahasa Inggeris yang diikuti oleh seluruh jemaat termasuk Pemuda dan minggu lainnya dalam Bahasa Indonesia. Pada Ibadah Minggu berbahasa Indonesia, teks khotbah diterjemahkan dalam Bahasa Inggeris dan di-proyeksikan ke layar bagi jemaat yang tidak berbahasa Indonesia.

4. Sekolah Minggu dimulai pukul 1:00 siang yang dikelolah oleh Komisi Pendidikan Kristen.

5. Pemuda mengadakan Ibadah Minggu dalam Bahasa Inggeris secara terpisah pada minggu ke II & III. Hal ini dilakukan guna mengatasi kesulitan Pemuda mengikuti ibadah dalam Bahasa Indonesia. Pemuda mengadakan Bible Study setiap hari Sabtu.

6. Ibadah Persekutuan Doa diadakan setiap hari Senin pukul 7:00 malam. Ibadah ini dilaksanakan dalam bentuk pelayanan Firman yang dibawakan oleh Pendeta atau Majelis dan dilanjutkan dalam bentuk berdoa untuk berbagai pergumulan bangsa, gereja, jemaat dan saling mendoakan satu dengan yang lain.

7. Ibadah Keluarga dilakukan setiap hari Sabtu dalam bentuk Bible Study.

8. Ibadah Persekutuan Wanita Kaum Ibu & Pria Kaum Bapa. Dilakukan setiap minggu ke III.

9. Ibadah Syukur Keluarga dilakukan bagi keluarga yang merayakan Hari Ulang Tahun, Hari Ulang Tahun Pernikahan dan atau Ucapan Syukur lainnya.

10. Retreat. Setiap 2 tahun gereja mengadakan retreat.

12. Seminar. Gereja mengadakan seminar-seminar.

11. Bazaar. Gereja mengadakan 2x bazaar tiap tahun. Tersedia berbagai macam makanan khas Manado.